6 Manfaat Ampuh Desain Grafis Bagi Mahasiswa, Gak Nyangka!

6 Manfaat Ampuh Desain Grafis Bagi Mahasiswa, Gak Nyangka!

Desain grafis merupakan studi yang mempelajari bagaimana cara mendesain gambar. Selain dengan desain, Anda juga bisa mendapat banyak manfaat dari kemampuan desain ini. Diantaranya adalah berbagai manfaat desain grafis bagi yang bisa didapatkan oleh Mahasiswa. Ada apa saja manfaatnya?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya!

Sebetulnya skill desain tidak menuntut Anda untuk memiliki jiwa seni. Melainkan, semua orang dapat mempelajarinya tanpa ada syarat apapun. Nah untuk pemula yang masih ragu menambah skill desain, simak informasi di bawah ini.

  1. Dapat Memperindah Tampilan Media Sosial

Kemampuanmu dalam membuat konsep layout yang menarik menjadi salah satu manfaat dari desain grafis. Hal tersebut  bisa digunakan untuk memperindah tampilan media sosial.

Estetika yang menarik pada sosial media akan menciptakan kesan yang positif terkait diri Anda ketika dilihat oleh orang yang banyak orang.

Hal ini sangat penting sekali karena dapat membangun relasi dengan orang-orang baru melalui dunia maya.

Bahkan, sudah ada beberapa riset, yang mengatakan bahwa media sosial sangat berpengaruh terhadap penilaian HRD  karakter diri sendiri.

Jadi tampilan akun media sosial bisa memberikan citra positif mengenai diri Anda atau usaha yang sedang Anda lakoni, maka kamu akan memiliki nilai plus di hadapan para pemberi pekerjaan yang mana akan meningkatkan daya saing!

  1. Membantu Teman atau Kerabat

Tak hanya untuk diri sendiri, mempunyai kemampuan desain grafis juga akan berguna untuk menolong teman. Pasti ada diantara teman yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mempromosikan usahanya ataupun keperluan lainnya.

Kemampuan desain grafis yang Anda miliki akan sangat berguna untuk menolong mereka, baik dalam pembuatan spanduk, flyer, brosur maupun poster yang sederhana.

Teman pasti bisa merasa lebih mudah atas semua bantuan yang Anda berikan. Selain itu, teknik-teknik paling dasar yang ada pada desain grafis juga akan sangat membantu Anda.

Dengan menguasai semua teknik-teknik dasar, Anda bisa membantu mereka untuk mengerjakan hal-hal yang sederhana.

Misalnya dalam membantu membuat pas foto, atau biasa digunakan untuk melamar pekerjaan dan melanjutkan pendidikan serta mengedit latar belakang foto saat liburan.

Semua hal ini bisa Anda berikan secara cuma-cuma kepada orang terdekat hanya untuk sekedar mempererat tali silaturahmi serta melestarikan budaya saling tolong-menolong.

  1. Sebagai Usaha sampingan

Selain bisa digunakan untuk membantu teman atau kerabat, kemampuan dalam desain grafis juga bisa berguna untuk menambah pendapatan.

Pendapatan ini bisa Anda peroleh dengan membuat usaha ataupun bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer. Bahkan saat ini, sudah banyak situs yang mempertemukan para pekerja lepas mendapatkan orang-orang yang membutuhkan jasanya.

Anda bisa bergabung dengan salah satu situs dan mulai mencari pekerjaan disana. Namun, salah satu tantangannya Anda harus bisa bersaing dengan ratusan, puluhan, bahkan ribuan pekerja lepas lainnya yang lebih berpengalaman dan sudah mempunyai  reputasi baik.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat usaha sampingan sendiri. Usaha sampingan ini dapat dimulai dengan cara membuka jasa di media sosial ataupun menjual hasil karya di situs-situs marketplace.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kesulitan dalam memperoleh popularitas dan kepercayaan pelanggan agar tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik yaitu dengan memberikan penawaran jasa secara cuma-cuma terlebih dahulu kepada rekan sendiri. Terdapat sebuah pepatah yang menyatakan “there’s no such thing as a free lunch” berarti tidak ada yang gratis di dunia ini.

Walaupun memberikan jasa secara gratis ke rekan ataupun kerabat, namun secara tidak langsung mereka akan membantu dalam memasarkan jasa Anda.

Sebab, semakin banyak orang yang merasa terbantu maka akan ikut mempromosikan jasa Anda. Hal ini biasanya menggunakan metode dari mulut ke mulut yang berjalan semakin efektif.

  1. Sebagai Media Komunikasi Visual

Belajar desain akan membuat Anda dapat mengasah kreativitas dan menuangkannya dalam bentuk visualisasi yang menarik. Hal ini sangat cocok sekali untuk Anda yang tertarik menjadi content creator.

Selain berkarya, Anda juga dapat menghasilkan uang melalui jalur ini.

  1. Belajar untuk Selalu Berpikir Kreatif

Dengan belajar desain grafis, akan mengubah pola pikir kreatif Anda. Semakin banyak jam terbang yang Anda rasakan, maka akan semakin gampang mencari ide desain.

Semakin Anda sering berlatih, kreativitas menjadi tidak terbatas. Sebab, kreativitas ini mahal  jadi siapa pun akan membayar mahal.

  1. Transfer Materi dengan Baik

Kadang mahasiswa merasa malas untuk merangkum materi dan mengumpulkan poin-poin penting. Dengan desain grafis bisa menjelaskannya dalam bentuk slide panjang, tanpa ada banyak narasi di dalamnya.

Ketika Anda memperoleh giliran untuk menjelaskan isi dari presentasi, maka para audiens kurang memperhatikannya. Hal inilah yang menjadi penyebab performa presentasi menurun dan muncul rasa tidak percaya diri.

Apabila Anda menelusurinya, bisa jadi penyebab utamanya adalah slide presentasi yang begitu monoton.

Apabila terjebak pada kondisi seperti ini, sebaiknya merubah tampilan powerpoint yang begitu-begitu saja. Anda bisa menerapkan desain grafis pada slide presentasi, dengan menambahkan visual gambar serta animasi.

Dengan berbekal sedikit ilmu desain grafis, Anda bisa mengolah power point menjadi slide yang menarik. Sehingga perhatian utama dari audiens akan tertuju pada performa presentasi yang sedang Anda bawakan.

Itu saja informasi yang bisa disampaikan terkait manfaat Desain Grafis bagi Mahasiswa, semoga bisa bermanfaat

Digital Visual Art Enthusiastic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like