Sejarah WordPress

Sejarah WordPress

WordPress dirilis pada 27 Mei 2003 oleh pendirinya Mike Little dan Matt Mullenweg.

Penerus b2/cafelog

B2/cafelog , alat blogging diluncurkan pada tahun 2001 oleh programmer Perancis Michel Valdrighi .

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan b2 adalah PHP bersama dengan MySQL. Itu dirancang khusus untuk menulis blog.

Inovasi utama dalam b2 adalah menghasilkan halaman secara dinamis dari isi database MySQL, bukan halaman web statis.

Itu juga menggunakan MySQL untuk database yang menyediakan opsi pencarian di antara blog yang ada di database.

Itu dilisensikan di bawah GPL yang membuat kode sumbernya terbuka untuk semua.

Itu adalah situs yang tidak terawat. Dia bekerja di b2 sampai Desember 2002, dan tiba-tiba menghilang. Semua komunitas pengguna b2 prihatin dengan pengembangan kerja b2.

Michel muncul kembali pada tahun 2003 dan kemudian bergabung dengan WordPress sebagai pengembang yang berkontribusi.

Kelahiran WordPress

WordPress adalah penerus dan garpu (salinan kode sumber) dari b2/cafelog yang didirikan oleh Mike Little dan Matt Mullenweg . Itu juga ditulis dalam bahasa PHP dengan MySQL.

Matt Mullenweg, putra seorang insinyur perangkat lunak, adalah anggota komunitas pengguna b2. Pada tahun 2002, ia adalah seorang mahasiswa ketika menginstal b2 untuk penggunaan pribadinya.

Ketika Michel Valdrighi berhenti memperbarui b2, maka Matt memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak b2 untuk melakukan blogging-nya. Dia menulis sebuah blog yang mengumumkan untuk melakukan fork b2 source-code, dan mendapat balasan dari Mike Little yang menyatakan bahwa dia juga tertarik pada forking dan ingin bekerja dengannya.

Pada 1 April 2003, mereka membuat tim dengan anggota kurang dari 10 untuk membuat versi mereka sendiri.

Nama WordPress

Nama WordPress disarankan oleh seorang teman Matt Mullenweg, Christine Selleck Tremoulet .

Nama itu sepenuhnya idenya.

Melepaskan WordPress

Setelah ribuan komit ke repositori SVN resmi, WordPress versi pertama 0.7 dirilis pada 27 Mei 2003.

Selanjutnya versi 0.1 dirilis pada Januari 2004 yang disebut juga versi Davis. Nama Davis diberikan oleh Matt karena ia memiliki kecintaan terhadap jazz. Mulai sekarang, semua pembaruan dinamai jazz.

Matt juga biasa menyertakan plugin bernama Hello Dolly, di setiap rilisnya. Nama ini merupakan penghargaan untuk Louis Armstrong.

Setelah beberapa bulan mengumumkan pengerjaan b2, beberapa pengembang lain juga melakukan fork b2. Mereka adalah, b2evolution oleh Francois planque dari Perancis dan b2++ oleh Donncha O Caoimh dari Irlandia.

Karena berbagai percabangan, Michel memutuskan untuk menjadikan WordPress sebagai cabang resmi b2. Pada 29 Mei 2003, Matt mengundang b2++ dan b2evolution untuk bergandengan tangan dengan WordPress. Donncha dari b2++ bergabung dengan mudah tetapi yang lain tidak.

WordPress dalam skenario saat ini

WordPress berkembang dari hari ke hari. Itu menambahkan beberapa fitur lagi di setiap versinya.

Saat ini adalah alat blogging self-host terbesar di dunia dengan jutaan pengguna setiap hari. Menurut sebuah survei, WordPress menemukan 22,5% dari semua situs web di Internet. Saat ini jutaan pengguna yang mungkin menjadi pengembang, penulis, blogger atau desainer mencari nafkah darinya.

WordPress belum memberikan penggunaan terbaik untuk pengguna seluler. Saat ini, sangat sedikit perusahaan besar yang menggunakan WordPress sebagai CMS mereka. Jumlah ini secara bertahap meningkat dari hari ke hari.

Secara keseluruhan, kita dapat mengatakan bahwa masa depan WordPress sangat cerah. Matt sendiri mengatakan bahwa ia membayangkan WordPress sebagai Sistem Operasi terkemuka di tahun-tahun mendatang.

Digital Visual Art Enthusiastic

You might also like